Jumat, 02 September 2011

Enam Rahasia Pemimpin Besar

pbb2

Dalam sejarah pertumbuhan bangsa-bangsa, agama-agama, organisasi-organisasi, perusahaan-perusahaan di dunia sejak dari dahulu hingga sekarang selalu saja kita dapat menemukan peran para pemimpin dalam menakhodai perubahan-perubahan besar.Perubahan-perubahan besar itu bisa dilakukan karena umumnya para pemimpin itu memiliki kualitas-kualitas kepemimpinan sebagai berikut:

Pertama: Keberanian yang tak Tergoyahkan.

Perubahan-perubahan besar biasanya menghadapkan sang pemimpin dan orang-orangnya dengan situasi baru yang belum pasti, tidak menjamin keamanan, penuh resiko, dan berpotensi menghantam kelanggengan hidup sang pemimpin dan orang-orangnya. Akan tetapi biasanya sang pemimpin bisa melihat dan menyikapi situasi itu dengan kualitas keberaniannya sebagai dampak dan kekuatan kemauannya dia tetap saja mau menghadapi situasi itu dengan penuh keberanian tetapi pada saat yang bersamaan amat memperhitungkan dan menyadari resikonya. Dalam keadaan seperti itu orang-orang dalam sebuah organisasi atau ilustitusi merasa menemukan alasan untuk terus bekerja bersama pemimpinnya, dan energi keberaniannya sang pemimpin menularkan rasa percaya diri.

Kedua: Pengendalian Diri yang Utama

Pemimpin adalah yang selalu menanggung beban tanggung jawab paling besar dalam institusi yang dipimpinnya. Dan memang secara normal selalu menimbulkan goncangan kepribadiannya terutama pada aspek emosional dan spiritual. Tetapi pemimpin yang arif amat menyadari bahwa apapun yang terjadi pada dirinya dengan segera akan menular pada orang-orangnya. Maka ia akan memilih untuk mengendalikan diri dengan baik, agar yang memulai dan idenya adalah selalu hal-hal yang positif dan insruktif.

Sebagai manusia yang tidak sempurna ia bisa saja sedih, kecewa, jengkel, marah, dendam, iri, sombong dan sebagainya. Akan tetapi begitu semua sikap negatif mulai merasuk kedalam dirinya, ia akan mengendalikannya sampai pada tingkat belia justru bisa menampilkan sifat-sifat sebaliknya.

Ketiga: Rasa Keadilan yang Diterima Oleh Semua Pihak

Penibahan dalam kehidupan manusia adalah pekerjaan besar, rumit, kompleks dan selalu melibatka banyak manusia dengan segala latar belakar dan potensinya.

Ada banyak hal, gagasan, dan strategi yang tertampng dalam perubahan itu. Ada banyak keberhasilan yang dicapai. Tetapi juga pasti ada banyak kegagalan yang dialami. Ada banyak situasi dimana sang pemimpin harus bisa mengambil keputusan dari tindakan yang dapat menciptakan spirit penemaan dari semua orang-orangnya ini tak mudah. Tetapi pemimpin yang berhasil selalu bisa menampilkan kualitas keadilannya yang dapat diterima semua pihak.

Keempat: Keputusan Pasti

Sukses ditingkat personal maupun ditingkat komunal sesungguhnya merupakan dampak dari ribuan keputusan yang diambil dan di eksekusi oleh sang pemimpin, memang selalu tersedia banyak pilihan pemikiran, kebijakan dan tindakan yang dimiliki oleh pemimpin. Akan tetapi ketidak ragu-raguannya dalam memilih sebuah pemikiran, kebijakan dan kendala untuk diputuskan secara pasti bagi orang-orangnya memberi suasana kejelasan arah dalam bertindak dan menghindarkan orang-orangnya dari kekacauan dalam berpikir dan bekerja.

Kelima: Melakukan Lebih Banyak dari yang Dibayar

Pemimpin adalah orang yang memiliki daya tarik untuk diikuti oleh orang-orangnya, yang pertama adalah pribadi yang memiliki semua kualifikasi yang memang memberikan kelayakan baginya untuk memimpin dan orang-orangnya merasa punya alasan untuk mengikuti sang pemimpin dalam kualifikasi itu.

Yang kedua, karena ia melakukan lebih banyak dari yang dibayar, karena alasan kedua inilah yang nampak begitu istimewa dan oleh karenanya begitu menyedot rasa ingin mengikuti.

Keenam: Kepribadian yang Menyenangkan

Apa yang membuat sebuah perubahan besar dalam sejarah bisa terjadi? Karena kekuatan yang menggerakkannya. Kenapa begitu kuat? Karena berasal dari kombinasi tenaga sang pemimpin dan pengikutnya yang begitu terpadu. Keterpaduan itu buah dari ikatan yang menawan dari dahaga jiwa para pengikut terhadap sosok figur dambaan, dan kepribadian yang menyenangkan sang pemimpin dalam pergaulan bersama orang-orangnya.


sumber : http://trustcosurabaya.com/enam-rahasia-pemimpin-besar.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar